Minggu, 17 Oktober 2010

Sejarah Internet

Departemen Pertahanan Amerika membentuk suatu jaringan computer yang disebut ARPANET, untuk memungkinkan personil militer dan penelitisipil bertukar informasi yang berkaitan dengan hal-hal militer.
Melalui proyek ARPA(Advance Research Project Agency) mereka mendemonstrasikan hardware dan software computer yang berbasis unix dapat melakukan komunikasi dalam jarak tak berhingga melalui saluran telepon.
Diperkenalkan pada Oktober 1972, pada tahun 1981 hanya 231 komputer, tahun 1986 bertambah menjadi 2308 komputer, dan 1,5 juta computer pada tahun 1993. Awal tahun 1980 jaringan ARPANET karena diberhetikan diubah menjadi TCP/IP (Transmision Control Protocol / Internet Protocol).
Dilanjutkan kembali dan dibiayai oleh NSF(National Science Foundation) bekerja sama dengan CSNET(Computer Science Networking)berubah nama menjadi NSFNET.
InterNet(International Networking) merupakan 2 komputer atau lebih yang saling berhubungan membentuk jaringan computer hingga meliputi jutaan computer di dunia(internasional), yang saling berinteraksi dan bertukar informasi.
InterNet(Interconnected Networking) sebuah system komunikasi global yang menghubungkan computer-komputer dan jaringan-jaringan computer di seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar