Minggu, 21 Oktober 2012

E-Commerce

Pengertian

Perdagangan elektronik atau e-dagang disebut juga e-commerce adalah penyerbaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui system elektronik seperti internet, televisi, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik(electronic data interchange /EDI), dll.

E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologibasisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini. E-dagang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.

Penjualan dan Pengamanan E-Commerce

Produk yang biasanya dijual pada bisnis E-Commerce biasanya berupa barang maupun jasa. Segala macam bentuk barang dapat di jual, maupun jasa. Sasaran pemasaran pun bermacam-macam, karena seluruh kalangan sudah tidak asing dengan perangkat internet, maka sekarang siapapun dapat mengakses internet. Dengan begitu, berbagai macam barang dan jasa dapat di tawarkan di kegiatan bisnis E-Commerce.

Dari segi keamanan, E-Commerce tergolong bisnis yang cukup aman, asalkan kita dapat berhati-hati di setiap kegiatan transaksinya. Transaksi dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu adalah dengan cara COD (Cash On Delivery) yaitu antara penjual dan pembeli bertemu secara langsung dan melakukan kegiatan transaksi, selain itu juga dapat di lakukan kegiatan transaksi transfer, dengan pembeli mengirimkan sejumlah uang yang digunakan untuk membayar barang yang dibeli, dan penjual mengirimkan barang pada alamat si pembeli, dan masih bayak cara lain yang dapat digunakan.

Perbedaan dengan bisnis lainnya

Dengan menggunakan teknologi informasi, E-Commerce dapat dijadikan sebagai solusi untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan perusahaan dan menghadapi tekanan bisnis. Tingginya tekanan bisnis yang muncul akibat tingginya tingkat persaingan mengharuskan perusahaan untuk dapat memberikan respon. Penggunaan E-Commerce dapat meningkatkan efisiensi biaya dan produktifitas perusahaan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan perusahaan dalam bersaing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar